Cara Mengaktifkan Fitur Layar Terbagi Android Auto 2024: Panduan Langkah Demi Langkah

  • Rayyan
  • Mar 05, 2024
Cara mengaktifkan fitur layar terbagi Android Auto 2024 terbaru

Fitur layar terbagi Android Auto 2024 menghadirkan peningkatan signifikan bagi pengalaman berkendara. Dengan membagi layar menjadi dua panel, pengemudi dapat menjalankan dua aplikasi secara bersamaan, meningkatkan kenyamanan dan keamanan.

Artikel ini akan memandu Anda mengaktifkan dan menggunakan fitur layar terbagi Android Auto 2024, memastikan Anda memanfaatkan sepenuhnya kemampuannya.

Pengantar

Cara mengaktifkan fitur layar terbagi Android Auto 2024

Fitur layar terbagi Android Auto 2024 memungkinkan pengguna membagi layar mobil menjadi dua bagian, sehingga mereka dapat menjalankan dua aplikasi secara bersamaan.

Manfaat fitur ini antara lain:

  • Meningkatkan multitasking
  • Memudahkan navigasi dan penggunaan aplikasi lain secara bersamaan
  • Menyediakan pengalaman berkendara yang lebih aman dan nyaman

Contoh Penggunaan

Contoh penggunaan layar terbagi di Android Auto antara lain:

  • Menggunakan Google Maps untuk navigasi sambil memutar musik di Spotify
  • Membaca pesan teks sambil mengikuti petunjuk arah
  • Menggunakan Waze untuk peringatan lalu lintas sambil mendengarkan podcast

Persyaratan dan Kompatibilitas

fitur xiaomi mengaktifkan inwepo

Untuk menikmati fitur layar terbagi Android Auto, perangkat Anda harus memenuhi persyaratan berikut:

Persyaratan Perangkat:

  • Ponsel Android yang menjalankan Android 10 atau lebih tinggi
  • Layar dengan resolusi minimal 1280×720
  • RAM minimal 4GB

Persyaratan Sistem Operasi:

  • Android Auto versi 7.8 atau lebih tinggi

Kendaraan yang Kompatibel:

Fitur layar terbagi saat ini hanya tersedia pada kendaraan tertentu yang memiliki unit head unit Android Auto bawaan. Beberapa merek kendaraan yang kompatibel antara lain:

  • Audi
  • BMW
  • Ford
  • General Motors
  • Honda
  • Hyundai
  • Kia
  • Mercedes-Benz
  • Toyota
  • Volkswagen

Cara Mengaktifkan Layar Terbagi

Layar terbagi memungkinkan Anda menggunakan dua aplikasi secara bersamaan di Android Auto. Fitur ini berguna untuk menavigasi dan memutar musik, atau mengirim pesan dan memeriksa email.

Cara Mengaktifkan Layar Terbagi

Untuk mengaktifkan layar terbagi di Android Auto, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Hubungkan ponsel Anda ke mobil dan luncurkan Android Auto.
  2. Buka aplikasi yang ingin Anda gunakan di bagian layar yang lebih kecil.
  3. Geser dari tepi layar ke arah tengah untuk membuka bilah samping.
  4. Ketuk ikon aplikasi yang ingin Anda gunakan di bagian layar yang lebih besar.

Kedua aplikasi sekarang akan ditampilkan dalam mode layar terbagi.

Penggunaan Layar Terbagi

Layar terbagi memungkinkan Anda menjalankan dua aplikasi secara bersamaan di layar Android Auto. Anda dapat menyesuaikan ukuran dan posisi setiap panel untuk mengoptimalkan tata letak yang sesuai dengan preferensi Anda.

Untuk mengaktifkan layar terbagi, cukup seret dan lepas salah satu aplikasi dari bilah peluncuran ke bagian kiri atau kanan layar. Aplikasi kedua akan secara otomatis mengisi ruang yang tersisa.

Menyesuaikan Ukuran dan Posisi

Anda dapat menyesuaikan ukuran dan posisi panel layar terbagi dengan menyeret pembatas di antara keduanya. Untuk memindahkan pembatas, cukup sentuh dan tahan, lalu seret ke lokasi yang diinginkan.

Anda juga dapat mengetuk dua kali pembatas untuk memaksimalkan atau meminimalkan panel.

Tips dan Trik

Cara mengaktifkan fitur layar terbagi Android Auto 2024 terbaru

Mengoptimalkan penggunaan layar terbagi di Android Auto 2024 dapat meningkatkan pengalaman berkendara Anda. Berikut beberapa tips dan trik untuk memaksimalkan fiturnya:

Aplikasi yang Cocok

Pilih aplikasi yang paling sesuai untuk digunakan dalam layar terbagi. Aplikasi navigasi, pemutar musik, dan aplikasi perpesanan bekerja dengan baik dalam format ini.

Pengaturan Layar

Sesuaikan pengaturan layar terbagi sesuai keinginan Anda. Anda dapat mengubah ukuran dan posisi panel untuk tampilan yang optimal.

Pintasan Akses Cepat

Gunakan pintasan akses cepat untuk membuka layar terbagi dengan cepat. Geser ke atas dari bagian bawah layar dan ketuk ikon layar terbagi.

Navigasi di antara aplikasi dalam layar terbagi dengan mudah. Geser ke kiri atau kanan pada bilah pemisah untuk beralih di antara panel.

Menggunakan Dua Aplikasi Secara Bersamaan

Manfaatkan layar terbagi untuk menggunakan dua aplikasi secara bersamaan. Misalnya, Anda dapat menavigasi sambil mendengarkan musik atau mengirim pesan saat melihat peta.

Troubleshooting

Cara mengaktifkan fitur layar terbagi Android Auto 2024

Mengaktifkan fitur layar terbagi di Android Auto 2024 dapat menghadirkan beberapa kendala. Berikut adalah beberapa masalah umum yang mungkin Anda hadapi dan solusi untuk mengatasinya:

Aplikasi Tidak Mendukung Layar Terbagi

Tidak semua aplikasi kompatibel dengan fitur layar terbagi. Jika aplikasi tertentu tidak muncul di daftar aplikasi yang tersedia untuk layar terbagi, kemungkinan aplikasi tersebut tidak mendukung fitur ini.

Layar Terbagi Tidak Muncul

Jika Anda tidak melihat opsi layar terbagi, pastikan Anda menggunakan perangkat yang kompatibel dan fitur tersebut diaktifkan di pengaturan Android Auto Anda.

Aplikasi Terus Bertukar Posisi

Terkadang, aplikasi di layar terbagi dapat terus bertukar posisi. Untuk memperbaikinya, coba nonaktifkan dan aktifkan kembali fitur layar terbagi, atau restart Android Auto.

Lag atau Keterlambatan

Menggunakan layar terbagi dapat menyebabkan lag atau keterlambatan, terutama pada perangkat yang lebih lama atau saat menjalankan aplikasi yang menuntut. Tutup aplikasi yang tidak digunakan dan pastikan perangkat Anda memiliki RAM yang cukup.

Masa Depan Layar Terbagi

Cara mengaktifkan fitur layar terbagi Android Auto 2024 terbaru

Masa depan fitur layar terbagi Android Auto sangat menjanjikan, dengan potensi peningkatan dan pengembangan yang menarik.

Integrasi Teknologi Baru

Fitur layar terbagi dapat diintegrasikan dengan teknologi baru untuk meningkatkan fungsionalitas dan kenyamanan. Misalnya, integrasi dengan kecerdasan buatan (AI) dapat memungkinkan layar terbagi yang dipersonalisasi dan dioptimalkan, menyesuaikan tampilan sesuai preferensi pengguna dan konteks berkendara.

Ekspansi Aplikasi yang Kompatibel

Android Auto berpotensi memperluas kompatibilitas layar terbagi ke lebih banyak aplikasi. Ini akan memungkinkan pengguna mengakses berbagai aplikasi secara bersamaan, meningkatkan produktivitas dan hiburan saat berkendara.

Layar Terbagi yang Lebih Fleksibel

Pengembangan di masa depan dapat menghasilkan layar terbagi yang lebih fleksibel, memungkinkan pengguna menyesuaikan ukuran dan tata letak jendela aplikasi sesuai keinginan mereka. Hal ini akan meningkatkan kenyamanan dan ergonomi penggunaan layar terbagi.

Keamanan yang Ditingkatkan

Dengan kemajuan teknologi, fitur layar terbagi dapat ditingkatkan dengan fitur keamanan tambahan. Misalnya, pengenalan wajah atau sidik jari dapat diintegrasikan untuk mencegah akses tidak sah ke aplikasi saat layar terbagi digunakan.

Ringkasan Penutup

Fitur layar terbagi Android Auto 2024 adalah fitur yang sangat berguna, memberikan fleksibilitas dan kenyamanan yang lebih besar bagi pengemudi. Dengan mengikuti langkah-langkah yang diuraikan dalam artikel ini, Anda dapat mengaktifkan dan menggunakan fitur ini secara efektif, meningkatkan pengalaman berkendara Anda.

Pertanyaan Umum (FAQ)

Apakah fitur layar terbagi tersedia di semua perangkat Android Auto?

Tidak, fitur layar terbagi hanya tersedia pada perangkat Android Auto yang menjalankan Android 12 atau lebih tinggi.

Apakah semua aplikasi dapat digunakan dalam mode layar terbagi?

Tidak, hanya aplikasi tertentu yang kompatibel dengan mode layar terbagi. Daftar aplikasi yang kompatibel dapat ditemukan di pengaturan Android Auto.

Bagaimana cara menyesuaikan ukuran dan posisi panel layar terbagi?

Seret bilah pemisah antara kedua panel untuk menyesuaikan ukuran dan posisinya.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *