...

Alasan Dibalik Popularitas Google Chrome

  • administrator
  • Feb 16, 2022
Alasan Dibalik Popularitas Google Chrome

Browser Chrome hadir untuk umum pada akhir tahun 2008. Ini adalah browser yang memberikan kinerja yang sangat cepat. Selama 7 tahun perjalanannya, browser Chrome tersedia di berbagai platform besar, seperti Mac, iOS, Android, dan Linux. Pada Maret 2016, Chrome berhasil menjadi browser yang paling banyak digunakan di dunia. Pangsa pasarnya mencapai 41,67% mengalahkan Internet Explorer yang memiliki pangsa pasar 41,37% .

Alasan Dibalik Popularitas Google Chrome

1. UI dan Penampilan Sederhana

Saat Anda meluncurkan Chrome untuk pertama kalinya, Anda akan melihat bahwa UI dan tampilannya sangat sederhana. Kesederhanaan adalah salah satu alasan utama mengapa browser ini begitu dicintai oleh banyak pengguna. Pada pengaturan default, hanya ada tiga tombol navigasi: back, forward, dan refresh. Mereka membuat kotak URL menyatu dengan kotak pencarian. Ide ini adalah bagian dari Chrome sejak awal, dan sekarang Safari versi terbaru juga mengadopsi ide yang sama. Kesederhanaan UI membuatnya terlihat bersih, sehingga pengguna dapat fokus pada konten situs.

Alasan Dibalik Kemenangan Google Chrome

2. Pembaruan Cepat

Saat saya menulis artikel ini, Chrome Windows telah mencapai 50 versi dan 51 versi beta. 50 versi dalam 8 tahun adalah deretan panjang untuk sebuah perangkat lunak. Dengan sering mengupdate versi, pengguna akan merasa nyaman karena selalu mendapatkan fitur dan teknologi terbaru.

maxresdefaultAlasan Dibalik Kemenangan Google Chrome

3. Chrome secara aktif ditawarkan oleh Google

Google secara aktif menawarkan Chrome kepada mereka yang menggunakan browser lain ketika mereka mengunjungi halaman Google.com. Pencarian Google adalah layanan pencarian yang paling banyak digunakan dan mereka menggunakan kesempatan ini untuk membujuk pengguna untuk mencoba browser Chrome.

4. Iklan dan kerjasama dengan perusahaan lain

Google Chrome menggunakan iklan komersial untuk beriklan. Selain itu, mereka juga bekerja sama dengan perusahaan modem dengan membundelnya dengan aplikasi Chrome. Logo Chrome bahkan dicetak pada produk tersebut.

Alasan Dibalik Kemenangan Google Chrome

5. Toko Aplikasi Chrome

Toko Aplikasi Chrome adalah ide yang menarik. Toko memiliki berbagai aplikasi dan add-on yang dapat diunduh. Ini adalah salah satu hal yang membuat Chrome istimewa. Itu mendapat dukungan dari pengembang web yang mendaftarkan aplikasi mereka dan menjualnya kepada pengguna.

Alasan Dibalik Kemenangan Google Chrome

6. Merangkul Pengembang Web

Google menyadari bahwa salah satu alasan mengapa web bisa sukses adalah karena partisipasi para pengembang. Oleh karena itu dalam event-event tertentu, Google memberikan ruang bagi para developer agar mereka bisa mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai teknologi terkini di Chrome dan web agar para developer tersebut dapat terus mengembangkan platform web tersebut.

Alasan Dibalik Kemenangan Google Chrome

7. Sinkronkan antar perangkat

Dengan teknologi cloud mereka, Chrome dapat menyinkronkan di seluruh perangkat dan memungkinkan Anda menggunakan Chrome yang sama di platform desktop atau perangkat yang berbeda.

8. Chrome memiliki teknologi yang menjanjikan

Google Chrome mendorong terjadinya pengembangan platform web, seperti demo teknologi WebGL yang didukung sepenuhnya oleh Chrome. Ini adalah teknologi web yang dapat menggunakan GPU pada perangkat untuk memaksimalkan kinerja grafis. Teknologi ini juga memungkinkan aplikasi web atau konten memiliki fitur grafis yang kaya.

9. Tersedia di platform desktop dan seluler

Salah satu alasan mengapa banyak pengguna menyukai Chrome adalah, Chrome tersedia di platform desktop dan seluler. Meskipun tidak semua platform seluler mendukungnya, Chrome hadir di dua platform OS seluler terbesar: iOS dan Android. Popularitasnya meningkat dan di banyak perangkat seluler, Chrome adalah browser default. Dengan begitu, pengguna perangkat seluler tersebut terdorong untuk mencoba Chrome untuk desktop dengan fitur sinkronisasinya.

10. Chromebook

Alasan nomor 10 menunjukkan betapa canggihnya teknologi Chrome. Chromebook adalah laptop dengan Chrome OS di dalamnya yang dapat menjadikan Chrome OS masa depan. Orang menyukai laptop mini ini karena harganya yang terjangkau. Ini memiliki aplikasi web di dalamnya yang tersedia di toko web Chrome. Produk ini menunjukkan bahwa Chrome bukan hanya sebuah browser, tetapi sebuah platform.

Alasan Dibalik Kemenangan Google Chrome

11. Sumber Terbuka

Aplikasi sumber terbuka memungkinkan Chrome mendapatkan umpan balik dan pengembangan yang lebih cepat. Itu juga dapat menambal lubang keamanan dan bug lebih cepat karena lebih banyak orang yang terlibat.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *