...

Semua tentang Investasi Hijau yang Wajib Kamu Tahu

  • administrator
  • Feb 12, 2022
Semua tentang Investasi Hijau yang Wajib Kamu Tahu

Investasi Hijau, istilah ini mungkin terlihat unik bagi Anda. Ketika Anda mendengar atau membacanya, mungkin ada minat yang bersemayam di benak Anda. Kurang lebih seperti pertanyaan di atas.

Kata ‘hijau’ sering dikaitkan dengan alam (alam). Jadi ketika mata atau telinga Anda menangkap momen ini, Anda mungkin langsung merasa bingung. Di antara berbagai jenis dana yang tersedia saat ini, tampaknya ada yang baru.

Investasi yang umum diketahui masyarakat adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan pengembangan properti. Jika Anda menggunakan istilah modern, berinvestasi adalah cara lain untuk menghasilkan pendapatan. Lalu, mengapa kata ‘hijau’ disertakan?

Meski ada kata ‘hijau’, bukan berarti Anda diajak berproduksi atau menambah produksi tanaman, lho! Maupun untuk memelihara berbagai tumbuhan di habitatnya. Agar kita tidak ngidam lagi, yuk kita baca artikel ini sampai habis!

Definisi Investasi Hijau

Dilansir dari situs resmi Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (Kehati), jenis investasi ini memiliki arti yang tidak biasa. Secara umum, produk investasi paling populer di seluruh dunia berkisar pada produksi aset pribadi atau penggalangan dana dari komunitas untuk pengembangan bisnis.

Penerima juga mulai berpindah dari UMKM, swasta, hingga pemerintah. Tapi yang ini punya Tipe berbeda.

Padahal, investasi hijau adalah jenis investasi yang berkelanjutan, konsisten dengan tata kelola lingkungan, dan berdampak positif bagi lingkungan. Wah….lucu banget ya! Dengan investasi ini, investor memiliki pilihan investasi lain.

Dengan begitu banyak sumber daya alam, Indonesia tentu membutuhkan tata kelola dan dukungan keuangan yang baik. Dengan demikian, keberadaan investasi yang satu ini tentunya memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perawatan dan pengelolaan keanekaragaman hayati.

Pengetahuan Investasi

Indonesia memiliki banyak peluang yang dapat dijadikan sebagai tujuan investasi. Dengan kekayaan sumber daya alam, ada 2 komponen yang dapat dipertimbangkan, yaitu energi terbarukan dan pengurangan karbon.

Suatu hari, waktunya akan tiba ketika orang-orang akan kehabisan batu bara dan minyak. Oleh karena itu, diperlukan kehati-hatian dalam memproduksi banyak sumber energi baru. Dengan keragaman dan keanekaragaman hayati Indonesia, jelas terdapat berbagai aspek yang dapat dikembangkan menjadi energi terbarukan.

Selain energi, pengurangan emisi karbon juga merupakan peluang untuk berinvestasi di Indonesia. Emisi gas buang dapat ditukar dengan program pengurangan emisi yang berbeda. Dana investasi tersebut nantinya dapat digunakan untuk merehabilitasi hutan dan mencegah deforestasi (deforestasi).

Opsi Investasi

Salah satu hal yang paling menarik dari investasi ini adalah adanya kesempatan bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam menjaga lingkungan alam. Investor dapat berinvestasi dalam berbagai alat yang tersedia. Sebenarnya jenis alatnya tetap sama seperti yang sudah ada di pasar modal dan pasar modal, hanya interpretasinya saja yang berbeda.

Sejak 2009, ada upaya bersama oleh banyak pihak untuk ‘hijau’ pertumbuhan. Hingga tahun 2022, Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Yayasan Kehati telah menerbitkan 4 indeks berbasis LST (Lingkungan, Sosial, Pemerintah).

Dari awal terlihat antusiasme masyarakat Indonesia yang besar terhadap keberhasilan program investasi yang berkelanjutan dan berdampak positif bagi lingkungan. Upaya yang dilakukan BEI dan Yayasan Kehati memberikan kesejahteraan kepada masyarakat, yaitu dengan memberikan kemudahan akses investasi.

Jika Anda sudah tertarik untuk berinvestasi, maka Anda tidak perlu khawatir, OK! Ada berbagai alat yang tersedia dan mereka dapat dipilih sesuai dengan preferensi individu.

1. Membagikan

Saat ini yang paling banyak diakses adalah produk-produk yang dihasilkan oleh Yayasan Kehati. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada berbagai indeks saham yang tercatat di bursa, yaitu:

  1. Kualitas ESG 45 IDX KEHATI
  2. ESG Pemimpin Cabang BEI KEHATI
  3. SRI-KEHATI
  4. Pimpinan BEI ESG

2. Dana Kerjasama

Jika Anda tidak tertarik dengan saham, maka usaha patungan adalah pilihan berikutnya. Kedua dana tersebut juga dibiayai oleh Yayasan Kehati dan berbasis SRI-KEHATI.

Bagian dari Pemerintah Indonesia

Dilansir dari situs resmi Badan Pembangunan Nasional (Bappenas), investasi hijau merupakan bidang lain yang mendapat perhatian khusus. Tidak gentar, Bappenas telah meluncurkan Program Pertumbuhan Hijau dalam upaya mendukung iklim investasi yang lebih lambat.

Tentu saja, investor hanya akan tertarik pada produk dengan prospek jangka panjang yang baik. Dengan demikian, program tersebut dimaksudkan oleh Bappenas dalam upaya menarik investor untuk berinvestasi di ‘ruang hijau’.

Saat ini, ada 3 bidang yang paling banyak terlibat. Dana yang dikumpulkan dari investor akan diprioritaskan untuk Energi Berkelanjutan, Standar Berkelanjutan, dan Ilmu Pengetahuan Berkelanjutan.

Destinasi Investasi Hijau

Keberadaan investasi hijau tentu tidak hanya ada dan berkontribusi pada iklim investasi. Ada sejumlah proyek yang menjadi tujuan investasi.

1. Menangani Masalah Iklim dan Lingkungan

Berbagai isu cuaca dan lingkungan terus bermunculan dari tahun ke tahun. Maka jelaslah, bahwa diperlukan persiapan yang matang agar Indonesia mampu mengatasi segala persoalan yang muncul.

Mengatasi masalah tersebut jelas tidak membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dengan demikian, kehadiran investasi ini dapat meningkatkan jumlah uang yang kemudian dikeluarkan untuk mengatasi berbagai isu terkini dan tindakan pencegahannya.

2. Melestarikan dan Mengelola Sistem Pengelolaan Lingkungan Alam

Sumber daya alam yang mengelilingi zamrud khatulistiwa harus dilestarikan demi kelangsungan hidup masyarakat. Dengan demikian, investasi hijau merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk memastikan berfungsinya lingkungan alam. Hasil akuisisi dapat dibuat dalam langkah-langkah praktis untuk melindungi dan mengendalikan lingkungan.

3. Perkuat Ekonomi

Sahabat yang bijak, coba bayangkan situasi berikut ini. Jika semakin banyak investor yang tertarik untuk berinvestasi, tentunya akan selalu ada peluang peluang kerja baru. Dengan demikian, tidak hanya alam yang akan selalu tetap hijau, sistem sosial ekonomi juga akan diperkuat menjadi ‘hijau’ dengan tersedianya ladang-ladang pasokan baru.

Bagaimana dengan Sobat Cerdas, apakah Anda tertarik untuk berinvestasi dalam investasi hijau? Pikirkan segala kemudahan akses dan keuntungan yang akan datang kepada Anda. Hal ini tidak hanya baik untuk Anda, tetapi juga baik untuk lingkungan, tertawa terbahak-bahak!

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *