Wajib Pahami CVV Kartu Debit di Semua Kartu Biar Aman

  • administrator
  • Feb 11, 2022
Wajib Pahami CVV Kartu Debit di Semua Kartu Biar Aman

Pernahkah Anda mendengar kata kartu debit CVV? Tidak hanya pada kartu kredit, CVV juga tersedia pada kartu bank. Jadi sebagai pengguna kartu bank, Anda harus memahami CVV Anda dengan jelas.

CVV (Card Verification Value) adalah angka tiga atau empat digit terakhir yang biasanya terdapat di bagian belakang kartu bank. Umumnya angka-angka ini berada di sisi kanan area tanda tangan pemegang kartu.

CVV adalah kode yang umumnya bersifat rahasia dan memiliki nilai transaksi yang besar. Fungsinya sebagai kode pengaman untuk bukti penggunaan kartu bank dalam setiap proses pembayaran elektronik.

Sejarah CVV

Pada tahun 1995, CVV diperkenalkan sebagai kode 11 karakter alfanumerik oleh karyawan Equifax Michael Stone UK. Selanjutnya, eksperimen dilakukan dengan Littlewoods Home Shopping Group dan Natwest Bank. Hasilnya kemudian disetujui oleh APCS (UK Association of Payment Clearing Services) dan disederhanakan dengan kode tiga digit yang dikenal saat ini.

Pada tahun 1997 Mastercard mulai mengeluarkan nomor kartu kredit CVV dan nomor kartu kredit CVV, disusul dengan US VISA yang dikeluarkan pada tahun 2001. Saat American Express mulai menggunakan CVV pada tahun 1999. Kini pada tahun 2016, teknologi e-commerce Motion Code mulai berkembang. memperbarui kode CVV itu sendiri setiap jam atau lebih.

Jenis kartu CVV

Beberapa kartu, kartu debit dan kartu kredit yang diterbitkan oleh bank tertentu, memiliki CVV sebagai kode keamanan transaksi. Jenis-jenis kartu CVV antara lain sebagai berikut:

1. Mastercard dan VISA

Dengan kartu Mastercard dan VISA, CVV adalah nomor tiga digit di belakang sebagai kode keamanan, seperti kartu ATM untuk BCA, BNI, BRI, Mandiri, dan sebagainya. Anda dapat menggunakan kartu VISA Anda untuk melakukan transaksi internasional. VISA akan memastikan keamanan kartu kredit CVV dengan memberikan layanan keamanan dalam fitur Verified by VISA.

2. Paypal

Dengan kartu Paypal, CVV digunakan dalam metode pembayaran online. Untuk mengetahui nomor CVV, Smart Buddy perlu mendapatkan akses anggota ke dashboard Paypal. Di sebagian besar pengaturan Paypal ada opsi CVV berdasarkan jumlah yang disetorkan hingga akun pelanggan menjadi setoran. Hal ini dapat memberikan keuntungan dan keuntungan yang berbeda bagi pengguna Paypal.

3. American Express

Tidak seperti kartu lainnya, kartu American Express atau Amex CVV adalah kode verifikasi empat digit seperti kode keamanan. Selain itu, CVV di American Express tidak tersedia di bagian belakang, tetapi di bagian depan kartu. Dibandingkan dengan CVV pada kartu Mastercard atau VISA, nomor CVV pada American Express lebih kecil.

Tips Aman untuk Menyimpan CVV

Beberapa orang mungkin tidak memahami CVV Anda, termasuk betapa pentingnya menjaga kerahasiaan CVV kartu bank. Berikut beberapa tips menyimpan CVV di kartu bank:

1. Hindari menyimpan Kode CVV di Ponsel

CVV adalah kode rahasia yang tidak boleh diketahui siapa pun, kecuali pemegang kartu itu sendiri. Jadi hindari menyimpan atau merekam kode CVV sebanyak mungkin dengan berbagai fitur di ponsel pintar Anda. Karena jika suatu saat ponsel tersebut hilang atau dicuri, maka semua data yang ada di dalam ponsel tersebut termasuk kode CVV dapat digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

2. Hindari Mengisi Masalah Kartu Debit Dengan Pengabaian

Sahabat cerdas perlu berhati-hati saat diminta mengisi formulir pada formulir tertentu, misalnya saat melakukan transaksi online. Sering kali Smart Friends diharuskan memberikan informasi terkait kartu bank, termasuk kode CVV untuk verifikasi. Oleh karena itu, tetap waspada agar tidak menyalahgunakan data, apalagi di zaman sekarang ini maraknya cyberbullying.

3. Jangan pernah menaruh kartu kredit di Media Sosial

Media sosial tidak boleh digunakan untuk menempatkan data Anda yang paling penting. Jika Anda aktif menggunakan media sosial, jangan pernah memposting foto atau video yang berisi informasi tentang kartu bank, apalagi mempostingnya secara lengkap. Ini adalah hal yang buruk karena kode CVV dapat dipublikasikan dan diketahui banyak orang.

4. Gunakan Sistem Keamanan Ganda

Agar kode CVV tetap aman, Smart Sobat juga bisa memasang pengaman ganda menggunakan PIN. Misalnya, menggunakan PIN untuk bisnis apa pun tanpa internet dengan kartu bank. PIN ini dapat membantu menjaga kerahasiaan CVV pada kartu debit Sobat Pintar Anda agar tidak dipublikasikan atau diketahui oleh pihak lain.

5. Lebih banyak pilihan daripada memilih situs belanja online

Saat ini, semua orang, termasuk Smart Friends, dapat dengan mudah melakukan banyak tugas, seperti berbelanja online melalui berbagai situs e-commerce. Namun, sebelum itu, pastikan Anda memilih situs yang aman dan terpercaya. Informasi CVV sangat menarik untuk dibahas dan sangat penting untuk dipahami, mulai dari memahami dan mengerjakan CVV, history CVV, jenis kartu CVV, hingga tips penyimpanan CVV yang aman. Perlindungan data Sobat Pintar sebagai konsumen adalah prioritas, jadi gunakan kartu bank atau kartu kredit dengan bijak.

Setelah Anda memahami CVV kartu kredit, kini Anda bisa lebih berhati-hati dalam bertransaksi, seperti belanja online. Namun, jika Anda kekurangan uang tunai, Anda dapat mengajukan pinjaman dari Kredit Pintar dengan pengoperasian yang cepat dan persyaratan yang mudah. Kredit Pintar terdaftar dan dioperasikan secara resmi oleh OJK.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *