Lengkap – Begini Cara Beli Saham IPO lewat eIPO dengan Mudah

  • administrator
  • Feb 10, 2022
Lengkap - Begini Cara Beli Saham IPO lewat eIPO dengan Mudah

Saham merupakan salah satu pilihan investasi yang sering dipilih sebagai investasi jangka panjang, meskipun tergolong berisiko tinggi. Seiring dengan perkembangan teknologi, Smart Friends kini dapat membeli fitur menggunakan eIPO.

Tak perlu khawatir, platform ini merupakan salah satu bursa resmi yang ditawarkan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). Bagaimana cara membeli saham IPO dengan eIPO? Lihat artikel berikut untuk informasi lebih lanjut.

Apa itu EIPO?

Sebagai akronim dari Electronic Initial Public Offering, E-IPO BEI merupakan cara baru bagi investor, pemula dan investor lama, untuk membeli saham secara digital. Keberadaan platform eIPO dimulai karena investor yang ingin membeli saham IPO tidak memiliki akses yang mudah.

Selain itu, tidak semua investor memiliki kesempatan yang sama untuk ikut serta dalam pembelian saham IPO. Selain itu, terbatasnya informasi tentang bagaimana perusahaan saat ini menyusun IPO menjadi salah satu tantangan yang dihadapi investor.

Maka dengan adanya platform ini, BEI berharap semakin banyak orang yang dapat membeli saham dengan akses yang mudah dan informasi perusahaan yang jelas.

Cara Mendaftar untuk EIPO

Sebelum membeli saham IPO, Anda diharuskan mendaftar sebagai investor dengan membuat akun di area e-IPO. Lihat proses pendaftaran e-IPO di bawah ini.

  1. Pergi ke situs web https://e-ipo.co.id lalu klik menu “Daftar” di kanan atas
  2. Masukkan alamat email yang valid
  3. Pilih jenis investor
  4. Isi data dengan benar
  5. Verifikasi pengguna dengan mengklik tautan yang dikirim melalui email
  6. Masukkan kode OTP

Cara Membeli Saham IPO

Jika Anda sudah memiliki akun di platform eIPO, Anda dapat membeli saham IPO sebagai berikut.

1. Pendaftaran

Baca prosedur pendaftaran yang dijelaskan di paragraf sebelumnya.

2. Verifikasi pialang

Jika pendaftaran berhasil, Anda dapat memverifikasi broker / keamanan yang dipilih. Bagi Sahabat Pintar yang sudah memiliki One Investor Information silahkan pilih SID 7.

Sedangkan untuk Sahabat Pintar tanpa Single Investor Identification silahkan pilih Sub Rekening Efek. Setelah verifikasi berhasil, Teman Pintar dapat memesan atau menikmati penawaran IPO.

3. Beri perintah

Untuk melakukan pemesanan, Anda dapat pergi ke halaman beranda IPO dan masuk jika perlu. Setelah itu, Sobat Pintar akan melihat berbagai perusahaan yang telah melaksanakan IPO dan sedang bergerak maju, seperti; donasi, pembuatan bukule koaloa.

Jika Anda masih membutuhkan informasi prospektus dan detail lainnya tentang berbagai perusahaan tersebut, Anda dapat langsung mengklik tombol “more info” pada halaman tersebut. Dengan begitu, Sahabat Pintar bisa mengetahui perusahaan yang sedang IPO sebelum membeli sahamnya, agar tidak menyesal di kemudian hari.

4. Pastikan dana RDN cukup untuk membeli saham IPO

Jika Sobat Pintar mengeluarkan perintah penugasan, IPO perusahaan yang sedang berlangsung akan menerima pemberitahuan perintah itu. Dari pemberitahuan ini, perusahaan dapat langsung menerima harga jika dilakukan konfirmasi.

Jadi, usahakan sebelum Anda menawarkan harga saham, Sobat Pintar sudah memiliki cukup uang di rekening Dana Nasabah berdasarkan jumlah lot yang dibeli, mis.

5. Terima komponen IPO

Pada harga tetap, investor tidak akan langsung menerima saham IPO karena pada umumnya jumlah investor yang membeli melebihi jumlah saham yang tersedia. Agar seluruh lot saham dapat dibagikan secara merata, maka perusahaan akan memberikan satu bagian untuk masing-masing penjual.

Jadi, jika Anda melakukan pemesanan, alih-alih langsung menerima konfirmasi harga, Sobat Cerdas akan menerima notifikasi sebagai berikut.

  1. Dibagikan, yang berarti mendapatkan stok secara berurutan
  2. Itu dialokasikan pada skala kembali, yang berarti tugas akan diperbaiki
  3. Tidak dibagikan, yang berarti tidak dibagikan
  4. Tidak dialihkan, artinya pesanan tidak dialihkan untuk proses distribusi

Aturan berbeda untuk eIPO IDX

Pada umumnya investor pemula bingung saat membeli saham karena banyaknya ragam bahasa harga yang dianggap sulit dipahami. Untuk memudahkan proses belajar berinvestasi saham IPO, Sahabat Pintar dapat memahami istilah-istilah berikut yang sering terjadi.

1. Investor

Orang sukses mendapatkan banyak saham setelah pembelian, apakah uang itu sesuai dengan pesanan atau disesuaikan.

2. IPO Perusahaan

Perusahaan yang melakukan penawaran umum sebelum namanya menerima logo Tbk sebagai tanda bahwa bagian tertentu dari perusahaan bersifat publik.

3. BEI

Singkatan dari Bursa Efek Indonesia, atau Indonesia Stock Exchange.

4. Pembuatan Buku

Di Indonesia, membangun buku dikenal sebagai waktu untuk membeli. Nantinya, tarif masa depan akan digunakan sebagai indikasi harga dan kontribusi awal oleh bawahan / sub-sekretaris dan perusahaan IPO.

5. Penawaran

Dalam bahasa Indonesia, sesaji dikenal dengan istilah order time. Pada saat itu, calon investor dapat menempatkan saham pada harga penawaran awal yang ditetapkan oleh perusahaan IPO.

6. Menggabungkan

Dalam bahasa Indonesia, pooling adalah kontribusi sentral yang dilakukan oleh perusahaan IPO dengan mengumpulkan semua pesanan yang selanjutnya akan didistribusikan sehingga calon investor dapat menerima bagian pesanan yang adil. Alokasi ini akan berlaku jika investor dapat memesan dengan IPO elektronik.

7. Stabil

Dalam bahasa Indonesia, kata ini dikenal dengan istilah sebaran yang jelas. Alokasi tetap adalah proses penyerahan efek kepada pemegang saham berdasarkan jumlah investasi sejak awal.

Tips Memilih Saham IPO

Agar tidak salah memilih saham IPO, gunakan tips berikut ini.

  1. Periksa nilai-nilai inti perusahaan
  2. Memperhatikan dan mengevaluasi prospektus perusahaan
  3. Mengetahui tujuan perusahaan melakukan IPO
  4. Temukan saham yang populer di kalangan investor

Itulah panduan lengkap cara pembelian saham IPO melalui platform digital eIPO. Semoga panduan ini bermanfaat bagi Sahabat Pintar yang baru saja mulai berinvestasi saham IPO.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *