...

13 Pengaturan iOS 15 Harus Anda Nyalakan Sekarang Juga!

  • administrator
  • Dec 27, 2021
13 Pengaturan iOS 15 Harus Anda Nyalakan Sekarang Juga!

iOS 15 memperkenalkan pengaturan baru ke pengalaman iPhone, tetapi tidak semua diaktifkan secara default. Pada artikel ini, kami akan memandu Anda melalui semua pengaturan iOS 15 yang perlu Anda aktifkan untuk mendapatkan hasil maksimal dari iPhone Anda.

Kami telah mengumpulkan daftar pengaturan iOS 15 baru serta beberapa pengaturan iPhone lama yang entah bagaimana dimatikan saat Anda menginstal pembaruan.

Tanpa basa-basi lagi, inilah daftar 13 pengaturan iOS 15 yang harus Anda aktifkan segera:

1. Aktifkan Sembunyikan Alamat IP

Di iOS 15, Apple memperbarui fitur Pencegahan Pelacakan Cerdas di Safari untuk mencegah pelacak mengakses alamat IP Anda untuk membuat profil tentang Anda.

Di pengaturan Safari, Anda dapat menyesuaikan kemampuan untuk menyembunyikan alamat IP Anda, sehingga Anda dapat menjelajah dengan keamanan yang Anda inginkan.

Pengaturan ini harus diaktifkan secara default, tetapi jika tidak atau Anda mematikannya karena alasan tertentu, Anda dapat mengikuti langkah-langkah ini untuk menyembunyikan alamat IP Anda di iPhone.

  1. Mulai aplikasi Pengaturan dari layar Beranda Anda.
  2. Gulir ke bawah dan ketuk Safari .
  3. Ketuk Sembunyikan Alamat IP .
  4. Ketuk Dari Pelacak .

2. Nyalakan Temukan Jaringan Saya

Apple iOS 15 telah meningkatkan fitur ‘Temukan Jaringan Saya’ untuk membantu menemukan iPhone bahkan saat iPhone mati.

Kemampuan ‘Temukan Jaringan Saya’ yang baru akan berguna dalam berbagai skenario, termasuk ketika iPhone kehabisan daya baterai atau pencuri mematikan telepon.

Agar fitur ini berfungsi, fitur jaringan Temukan Saya‌ harus diaktifkan. Ini diaktifkan secara default, tetapi Anda dapat memeriksa ulang dengan masuk ke profil Anda, mengetuk Temukan Saya‌, pilih Temukan Saya‌ iPhone‌, dan kemudian pastikan jaringan “‌Temukan Saya‌” diaktifkan.

3. Nyalakan Notifikasi Sensitif Waktu

Dengan Focus di iOS 15, Anda dapat mengatur aktivitas yang sedang Anda lakukan, seperti bekerja, berolahraga, membaca, atau menghabiskan waktu bersama keluarga, dan memblokir notifikasi yang tidak terkait dengan tugas tersebut. Ini seperti Jangan Ganggu, tetapi dengan lebih banyak opsi untuk menyempurnakan apa yang Anda lihat dan apa yang tidak Anda lihat.

Jika ada sesuatu yang mendesak yang akan datang atau acara yang Anda harapkan tidak ingin Anda lewatkan, Anda masih dapat menggunakan Fokus untuk memblokir gangguan sambil tetap mengizinkan pemberitahuan pesan penting apa pun untuk masuk ke iPhone Anda, berkat pemberitahuan sensitif waktu .

Pemberitahuan peka waktu adalah kelas pemberitahuan baru di iOS 15‌‌, dan pemberitahuan yang ditandai sebagai peka waktu dapat diizinkan untuk melewati mode Fokus. Notifikasi yang tergolong peka waktu adalah notifikasi yang langsung penting, seperti seseorang di depan pintu, pengantaran makanan, penjemputan di kendaraan, dan banyak lagi.

Untuk mengaktifkan Notifikasi peka waktu untuk pesan:

  1. Mulai aplikasi Pengaturan di iPhone‌ Anda, lalu ketuk Pesan .
  2. Pilih Notifikasi .
  3. Alihkan sakelar berlabel Time-Sensitive Notifications ke posisi ON hijau .

Sekarang Anda tidak akan melewatkan peringatan penting itu di perangkat Anda, bahkan saat Anda berfokus pada sesuatu yang khusus.

4. Umumkan Notifikasi Melalui Headphone

Sama Seperti Mengumumkan Pesan dan Panggilan, Mengumumkan Pemberitahuan di iPhone di iOS 15 berarti pengalaman yang lebih mulus untuk mendengar dan menanggapi peringatan tanpa harus membuka kunci perangkat Anda atau mengatakan “Hai Siri.”

Dengan mengaktifkan pengaturan ini, Siri akan membacakan pemberitahuan tanpa harus membuka kunci iPhone Anda saat AirPods generasi ke-2 dan beberapa headphone Beats terhubung. Siri akan menghindari interupsi Anda dan akan mendengarkan setelah membaca pemberitahuan sehingga Anda dapat membalas tanpa mengatakan “Hai Siri.”

  1. Mulai aplikasi Pengaturan di iPhone Anda.
  2. Geser ke bawah dan ketuk .
  3. Di bagian atas pilih Umumkan Pemberitahuan .
  4. Di bawah bagian UMUMKAN SAAT TERHUBUNG KE , aktifkan sakelar di sebelah Headphone .

5. Aktifkan Ringkasan Terjadwal

Dengan mengaktifkan Ringkasan Pemberitahuan, seseorang dapat beristirahat dari pemberitahuan kurang penting yang tidak memerlukan perhatian segera. Ini membantu mengurangi gangguan saat Anda sedang bekerja atau menghabiskan waktu bersama orang yang Anda cintai.

Yang mengatakan, Ringkasan Pemberitahuan di iOS 15 tidak diaktifkan secara default. Akibatnya, sebagian besar pengguna yang tidak paham teknologi mungkin tidak mengetahui fitur baru ini.

Untuk mengaktifkan Ringkasan Pemberitahuan di iOS 15:

  1. Mulai aplikasi Pengaturan di iPhone Anda.
  2. Buka Notifikasi > Ringkasan Terjadwal .
  3. Hidupkan pada tombol pengalih di samping “Ringkasan Dijadwalkan” .
  4. Ketuk tombol “Lanjutkan” untuk mengatur Ringkasan Pemberitahuan Anda.
  5. Pilih aplikasi untuk ringkasan Anda dengan mengetuk tombol radio di sebelah kiri. Kemudian ketuk tombol “Tambah # Aplikasi” .
  6. Tetapkan jadwal dan pilih waktu kapan Anda ingin menerima ringkasan pemberitahuan. Di sini Anda dapat mengatur waktu yang diinginkan untuk ringkasan pertama dan ringkasan kedua. Atau ketuk opsi “Tambahkan Ringkasan” jika Anda ingin mendapatkan ringkasan notifikasi tiga atau empat kali sehari.
  7. Kemudian ketuk “Aktifkan Ringkasan Pemberitahuan” .

Sekarang yang harus Anda lakukan adalah menunggu waktu yang ditentukan untuk datang dan Anda akan melihat kartu ringkasan yang menunjukkan kepada Anda semua peringatan yang telah ditahan, diatur oleh aplikasi dan peringatan yang paling sering berinteraksi dengan Anda di bagian atas dan aplikasi yang Anda tidak berinteraksi dengan semua yang sering di bagian bawah.

6. Bagikan Fokus di Seluruh Perangkat

Dengan Fokus, Anda mengatur aktivitas yang Anda lakukan, seperti bekerja, berolahraga, membaca, atau menghabiskan waktu bersama keluarga, dan memblokir notifikasi yang tidak terkait dengan tugas tersebut. Ini pada dasarnya Jangan Ganggu tetapi dengan lebih banyak opsi untuk menyempurnakan apa yang Anda lihat dan apa yang tidak Anda lihat.
Anda dapat mengatur mode Fokus yang berbeda untuk bekerja, waktu pribadi, berolahraga, bermain game, membaca, memasak, atau apa pun yang dapat Anda pikirkan di mana Anda tidak ingin diganggu.

Saat Anda mengaktifkan Fokus di satu perangkat, Fokus akan diaktifkan di semua perangkat yang Anda masuki dengan ID Apple sehingga Anda tidak akan terganggu bahkan jika Anda beralih dari iPhone‌ ke iPad‌ atau Mac.

Saat seseorang mengirimi Anda iMessage, jika Status Fokus Berbagi diaktifkan, mereka akan melihat pesan kecil di bagian bawah aplikasi yang mengatakan “[Orang] telah menonaktifkan notifikasi.” Orang dapat memilih untuk tetap mengirim pesan terlepas dari status Fokus jika ada sesuatu yang penting yang perlu dibagikan.

Untuk mengaktifkan mode Fokus di seluruh perangkat Anda, cukup aktifkan “Bagikan di Seluruh Perangkat” di bagian mode Fokus di aplikasi Pengaturan .

7. Aktifkan Status Fokus

Dalam Fokus apa pun yang Anda buat atau edit, Anda dapat memilih untuk mengaktifkan opsi “Status Fokus”. Opsi ini memungkinkan aplikasi seperti Pesan memberi tahu orang-orang bahwa notifikasi Anda dibungkam.

Buka Pengaturan > Fokus > Jangan Ganggu . Hidupkan pada Status Focus .

8. Izinkan Notifikasi Di Jangan Ganggu

Di iOS 15, Anda akhirnya dapat mengizinkan aplikasi tertentu untuk mengirimi Anda pemberitahuan selama Jangan Ganggu. Dengan cara ini Anda dapat membiarkan aplikasi menimpa Jangan Ganggu di iPhone Anda. Selain aplikasi, Anda dapat mengizinkan kontak tertentu untuk mengirim pemberitahuan Anda selama DND.

Untuk mengecualikan aplikasi tertentu dari Jangan Ganggu di iOS 15 di iPhone:

  1. Buka Pengaturan > Fokus > Jangan Ganggu .
  2. Di Jangan Ganggu, ketuk bagian Aplikasi di kanan atas.
  3. Buka tab “Aplikasi” dan ketuk opsi Tambah Aplikasi. Pilih semua aplikasi yang ingin Anda masukkan ke daftar putih dari Jangan Ganggu dan ketuk Selesai .

Itu dia. Semua aplikasi dalam daftar yang diizinkan sekarang dapat melewati mode Jangan Ganggu.

Selain memasukkan aplikasi tertentu ke daftar putih, Anda sekarang dapat mematikan Jangan Ganggu untuk satu kontak di iOS 15. Sebelumnya, Anda dapat mengaktifkan opsi “Bypass Darurat” untuk mendapatkan panggilan dan pesan dari kontak individual saat dalam mode DND. Untungnya, iOS 15 menambahkan kemampuan untuk mengecualikan kontak tertentu dari Jangan Ganggu.

Untuk menambahkan pengecualian untuk kontak tertentu selama Jangan Ganggu di iPhone Anda:

  1. Buka Pengaturan > Fokus > Jangan Ganggu .
  2. Ketuk bagian Orang di kanan atas.
  3. Tekan “Orang-orang” tab dan kemudian tekan pilihan Tambah
  4. Pilih semua kontak yang ingin Anda nonaktifkan Jangan Ganggu dan ketuk Selesai .

Semua kontak Anda dalam daftar yang diizinkan sekarang dapat menghubungi Anda saat Jangan Ganggu diaktifkan.

9. Rekam Aktivitas Aplikasi

Kita semua sadar bahwa aplikasi kita mengumpulkan data pribadi kita, tetapi tidakkah Anda ingin tahu seberapa sering mereka mengintip?

Laporan Privasi Aplikasi baru Apple, yang tersedia di iOS 15, membuat ringkasan semua waktu aplikasi yang Anda instal mengumpulkan data Anda selama periode tujuh hari. Laporan ini mencakup informasi mengenai akses ke lokasi, mikrofon, foto, dan kontak Anda. Ini juga menampilkan domain pihak ketiga mana pun yang mungkin dihubungi aplikasi Anda sehingga Anda tahu di mana data Anda bisa berakhir.

Pengaturannya agak tersembunyi di iOS 15, jadi jika Anda ingin mengaktifkan opsi ringkasan, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Mulai aplikasi Pengaturan dan gulir ke bawah ke “Privasi”
  2. Ketuk “Rekam Aktivitas Aplikasi” di bagian bawah menu “Privasi”
  3. Alihkan ”Rekam Aktivitas Aplikasi” ke

Setelah Anda mengaktifkan “Rekam Aktivitas Aplikasi”, telepon Anda sekarang akan merekam kapan dan seberapa sering aplikasi Anda mengakses data Anda, dan Anda dapat kembali ke layar ini untuk melihat laporan lengkapnya.

10. Nyalakan Audio Lossless

Lossless berarti bahwa setelah kompresi dan kemudian dekompresi, audio yang Anda dengar identik dengan audio yang direkam oleh artis, mempertahankan tekstur, detail, dan suara yang masuk ke musik saat dibuat.

Dengan audio lossless, pelanggan Apple Music‌ dapat mendengarkan lagu persis seperti yang direkam artis di studio dan bermaksud agar lagu tersebut didengar.

Tetapi sebelum Anda dapat membenamkan diri dalam pengalaman mendengarkan musik yang unik dan tinggi ini, Anda ingin memastikan bahwa fitur iOS ini diaktifkan terlebih dahulu. Berikut cara mengaktifkan Apple Music Lossless Audio di iPhone.

  1. Mulai aplikasi Pengaturan di iPhone Anda.
  2. Gulir ke bawah dan pilih Musik .
  3. Ketuk Kualitas Audio .
  4. Ketuk sakelar untuk Lossless Audio ke ON ( hijau .
  5. Di bawah Streaming Seluler , Streaming Wi-Fi , dan Unduhan , pilih kualitas audio yang Anda inginkan. Lossless dimulai hingga 24-bit/48kHz , sedangkan High-Resolution Lossless naik hingga 24-bit/192kHz .

11. Nyalakan Kurangi Titik Putih

Bahkan dengan penggeser kecerahan iPhone Anda sepenuhnya, tampilan Anda mungkin masih terlalu terang di malam hari dengan semua lampu diredupkan atau dimatikan. Jadi, jika Anda ingin terus menelusuri Instagram di tempat tidur atau menikmati pesta TikTok larut malam tanpa menyakiti mata Anda, ada trik cepat yang dapat Anda gunakan untuk membuat layar Anda lebih redup dan mencegah ketegangan pada pengintip tersebut.

  1. Mulai aplikasi Pengaturan di iPhone Anda.
  2. Ketuk ”Aksesibilitas”.
  3. Pilih ”Ukuran Tampilan & Teks”.
  4. Gulir ke bawah dan aktifkan sakelar di sebelah “Kurangi Titik Putih.”

Pengaturan ini menurunkan intensitas warna cerah pada layar iPhone Anda, yang akan menghasilkan gambar yang lebih redup secara keseluruhan. Anda dapat menggunakan penggeser yang muncul untuk memilih antara 25% (pengaturan paling ringan) dan 100% (pengaturan paling redup).

12. Aktifkan Penerusan Pesan Teks

Kemampuan untuk mengirim dan menerima pesan teks dari komputer atau tablet lebih dari hal baru; itu cukup nyaman dan bahkan dapat memastikan Anda tidak melewatkan teks penting. Dan jika Anda pernah kehilangan iPhone , atau jika ponsel Anda kehabisan baterai saat Anda mengharapkan pesan penting, Anda akan senang Anda memiliki pandangan ke depan untuk mengatur penerusan pesan teks di iPhone Anda.

Anda dapat meneruskan pesan teks dari iPhone ke perangkat lain yang terhubung ke akun Apple Anda untuk membantu Anda tetap mengikuti percakapan teks Anda setiap saat.

Untuk mengaktifkan penerusan pesan teks di iPhone:

  1. Mulai aplikasi Pengaturan di iPhone Anda.
  2. Buka tab “Pesan” .
  3. Ketuk kata-kata “Penerusan Pesan Teks.”
  4. Pada layar berikutnya, ketuk tombol di samping perangkat tempat Anda mengatur Pesan (“MacBook Pro Nama Anda,” misalnya) sehingga berubah menjadi hijau .
  5. Teks yang dikirim ke ponsel Anda sekarang juga akan dibagikan dengan perangkat yang telah Anda izinkan. Anda dapat mengirim dan menerima teks di sana, dan dapat menonaktifkan penerusan hanya dengan mematikan tombol itu di bawah “Penerusan Pesan Teks” lagi.

13. Pertahankan Pengaturan Mode Kamera

Apakah Anda memiliki filter atau mode kamera favorit? Jika demikian, Anda akan frustasi karena harus memilihnya lagi setiap kali Anda membuka aplikasi kamera. Pada saat Anda menyiapkan kamera, momen singkat yang ingin Anda abadikan bisa saja hilang selamanya.

Caranya adalah dengan menggunakan fitur Preserve Setting iPhone.

Untuk mengaktifkan setelan ini:

  1. Mulai aplikasi Pengaturan di iPhone Anda.
  2. Ketuk Kamera .
  3. Ketuk Pertahankan Pengaturan .
  4. Nyalakan Mode Kamera .
  5. Nyalakan Foto Langsung .

Setelah Anda mengaktifkan Pengaturan iOS 15 ini, Anda akan meningkatkan keseluruhan pengalaman Anda saat menggunakan iPhone. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran, jangan ragu untuk memberi tahu kami di bagian komentar di bawah.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *