...

Segalanya Tentang IMEI Baik itu Iphone maupun Android

  • administrator
  • Dec 20, 2021
Segalanya Tentang IMEI Baik itu Iphone maupun Android

Anda mungkin pernah mendengar perusahaan asuransi atau penegak hukum mendorong Anda untuk mencatat IMEI Anda. Anda mungkin bahkan menyadarinya di kotak pengaturan atau perangkat iPhone Anda . Yang mungkin tidak Anda sadari adalah untuk apa sebenarnya nomor IMEI itu. Pada artikel ini, saya akan menjelaskan apa itu nomor IMEI, dan bagaimana Anda dapat menemukannya. 

Apa Itu Nomor IMEI?

International Mobile Equipment Identity—atau IMEI—adalah pengenal numerik unik untuk setiap perangkat seluler.

Nomor ini membantu membedakan setiap perangkat. Jika Anda mengembalikan iPhone untuk diperbaiki, mereka akan melacaknya menggunakan IMEI untuk membedakannya dari iPhone lainnya, misalnya.

Nomor IMEI standar adalah string 14 digit, dengan digit pemeriksaan ke-15 tambahan untuk memverifikasi seluruh string. Ada juga varian 16 digit yang berisi informasi tentang versi perangkat lunak perangkat yang dikenal sebagai IMEISV.
Sejak tahun 2004, IMEI muncul dalam format AA-BBBBBB-CCCCCC-D. Bagian berlabel A dan B disebut Type Allocation Code (TAC). Bagian TAC dari IMEI mengidentifikasi produsen dan model perangkat. Misalnya, kode TAC Google Pixel adalah 35-161508, sedangkan iPhone 6s Plus adalah 35-332907.

Beberapa model memiliki beberapa TAC tergantung pada revisi, lokasi produksi, dan faktor lainnya. Misalnya, iPhone 5C berisi lima kode TAC yang berbeda.

Enam digit C mewakili nomor seri unik perangkat Anda dan produsen handset menentukannya. Bagian D dari IMEI adalah digit pemeriksaan yang memastikan bahwa IMEI sesuai dengan Pedoman Alokasi dan Persetujuan. Digit cek ditampilkan pada kemasan untuk mencegah pencatatan IMEI yang salah, tetapi itu bukan bagian dari IMEI yang didokumentasikan.

Meskipun nomor IMEI sangat penting, itu bukan satu-satunya persyaratan hukum untuk iPhone Anda. Produsen harus mematuhi peraturan untuk setiap wilayah tempat mereka berencana menjual perangkatnya. IMEI tidak menunjukkan bahwa peralatan tersebut memenuhi persyaratan keselamatan dan peraturan lainnya.

Menemukan IMEI Anda

Ada beberapa cara untuk menemukan IMEI perangkat Anda. Pendekatan paling universal adalah membuka aplikasi ponsel perangkat Anda. Ketik *#06# dan IMEI akan ditampilkan di layar.

Jika Anda memiliki perangkat Android atau iOS, Anda juga dapat menemukan IMEI di bawah Pengaturan. Di iOS, cukup mulai aplikasi Pengaturan dan buka Umum> Tentang dan IMEI akan ditampilkan. Jika Anda ingin menyalin IMEI, cukup ketuk dan tahan nomornya. Perangkat Android dapat bervariasi, tetapi umumnya pergi ke Pengaturan> Tentang Ponsel akan menampilkan IMEI.

Jika Anda tidak memiliki akses ke perangkat Anda, ada cara lain untuk menemukan IMEI Anda juga. Kemasan ritel harus memiliki label yang menunjukkan IMEI. Jika perangkat Anda memiliki baterai yang dapat dilepas, IMEI sering dicantumkan di bawah baterai. Sebagian besar perangkat memiliki IMEI yang tertulis di bagian belakang. Lainnya, seperti iPhone 6s dan yang lebih baru, memiliki IMEI yang terukir di baki SIM.

Namun, jika Anda berencana untuk membeli perangkat baru, terutama yang bekas, Anda harus mengonfirmasi statusnya dengan IMEI. Untuk melakukan ini, Buka IMEI.info dan ketik nomor IMEI iPhone.

Alat gratis ini akan memberi tahu Anda sedikit tentang perangkat, dan menyediakan layanan tambahan, seperti pemeriksaan daftar hitam sederhana. Jika Anda ingin mendapatkan kejelasan tambahan , IMEI.info menawarkan layanan premium seperti pemeriksaan daftar hitam yang berbeda untuk setiap operator utama AS dan alat status kunci SIM.

Untuk Apa Nomor IMEI Digunakan?

Tujuan utama IMEI adalah untuk melengkapi perangkat Anda dengan nomor ID unik. Oleh karena itu, dalam praktiknya, IMEI sangat mirip dengan Nomor Identifikasi Kendaraan (VIN) yang digunakan dalam industri otomotif. Meski terkadang bingung, nomor IMEI benar-benar terpisah dari nomor SIM Anda dan tidak dapat diubah.

Saat Anda terhubung ke jaringan seluler, penyedia mencatat kedua nomor untuk mengaktifkan layanan mereka. Nomor SIM mengidentifikasi akun pelanggan Anda, sedangkan IMEI hanya mengidentifikasi perangkat.

Jika iPhone Anda hilang atau dicuri, Anda dapat menghubungi operator Anda yang mungkin dapat memblokir nomor IMEI agar tidak digunakan untuk terhubung ke jaringan. Penyedia Anda mungkin juga dapat menghubungi dan meminta jaringan lain untuk memblokir perangkat. Setelah melakukannya, Anda kemudian dapat menggunakan alat bawaan untuk menemukan lokasi iPhone Anda.

Biasanya, penegak hukum menyimpan catatan ponsel yang hilang dan dipulihkan, yang diidentifikasi oleh IMEI mereka. Karena tidak ada alasan yang baik untuk mengubah IMEI perangkat, praktik ini dianggap ilegal di sebagian besar wilayah.

Meskipun mungkin ilegal untuk mengubah IMEI perangkat, itu memang terjadi. Pencuri, khususnya, akan mencoba mengambil nomor yang tidak masuk daftar hitam dan menerapkannya ke perangkat curian mereka agar dapat digunakan kembali. Karena itu, kami sarankan Anda tidak pernah membagikan atau memposting nomor IMEI Anda secara online, jika tidak, Anda mungkin menemukan perangkat Anda dikloning.

Sudahkah Anda Mencatat IMEI Anda?

Nomor IMEI adalah salah satu cara paling signifikan dan khas untuk mengidentifikasi iPhone Anda. Jika Anda belum melakukannya, Anda harus menemukannya dan segera mencatatnya .

Catat IMEI Anda di tempat yang aman, sehingga selalu tersedia jika Anda membutuhkannya. Jika Anda mencari brankas digital, maka pengelola kata sandi mungkin bisa melakukannya.

Karena itu, jika Anda telah menemukan atau memulihkan iPhone orang lain, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara mengembalikannya kepada mereka. Karena itu, Anda pasti ingin tahu

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *