...

Tips dan Cara Penggunaan Aplikasi Paylater seperti Shopee Paylater Tahun 2022

  • administrator
  • Dec 06, 2021
Tips dan Cara Penggunaan Aplikasi Paylater seperti Shopee Paylater Tahun 2022

Bagi mereka yang sering membeli e-commerce online, Anda harus terbiasa dengan opsi pembayaran. Sebagai pilihan pembayaran, mereka kerap merancang berbagai promosi menarik bagi penggunanya untuk mempermudah pembelian.

Dengan mengaktifkan opsi pembayaran, konsumen dapat mengakses barang yang dibeli dan membayar nanti. Ya, penggajian adalah penemuan yang sangat mirip dengan kartu kredit.

Apakah Anda berencana untuk segera mengaktifkan paylater? Pertama-tama, pelajari pro, kontra, dan tips artikel ini dengan bijak.

Apa itu Paylater?

Paylater adalah layanan pembayaran online yang berfungsi sebagai opsi pembayaran untuk transaksi. Opsi pembayaran kini tersedia sebagai salah satu fitur marketplace seperti Blibli Paylater, Shopee Paylater, dan Lazada Paylater. Selain itu, ada aplikasi e-wallet dengan fitur pembayaran seperti OVO Paylater dan Gojek Paylater.

Inovasi ini sangat berguna bagi konsumen yang ingin membeli barang dengan harga lebih murah. Sayangnya, dengan kemudahan ini, banyak orang menjadi terobsesi untuk membeli opsi pembayaran ini hingga dompet mereka jebol.

Keuntungan dan Kerugian Paylater

Setelah mengetahui artinya, berikut beberapa kelebihan dan kekurangan paylater yang perlu diperhatikan sebelum menggunakannya dengan benar.

Kelebihan

Ini hanya beberapa shareware pengaturan tujuan yang dapat Anda gunakan.

1. Tidak diperlukan pembayaran di muka untuk pembelian

Pelanggan umumnya diharuskan membayar untuk transaksi pembelian. Namun, dengan memilih pembayar sebagai opsi pembayaran, pengguna dapat membayar di hari lain.

Setelah transaksi berhasil, sistem mengeluarkan invoice kepada pengguna yang berisi daftar transaksi dengan jumlah nominal pada hari pembayaran.

2. Mempercepat transaksi di pasar

Belanja di mall bisa memakan waktu lama karena pembayaran memakan waktu di mall atau transfer ATM. Anda dapat membayar dari pengguna Filter dalam waktu singkat.

Akibatnya, pengguna dapat “pakeet!” Mereka mungkin merasa lebih bersemangat mendengar teriakan. Ini merupakan tanda bahwa para pedagang telah tiba di rumah dalam waktu yang relatif singkat.

Cacat

Inilah berbagai kelemahan yang perlu diperhatikan.

1. Ada transaksi yang lalai.

Konsumen melakukan transaksi nekat dengan kemudahan membayar melalui paylater, yang dapat dilakukan hanya dalam beberapa klik tanpa dikenakan biaya kepada Anda.

Ini bisa terjadi karena pengguna tidak melihat potongan apa pun di akun mereka saat berbelanja. Namun, pengguna tidak menyadari bahwa mereka akan dikenakan biaya di akhir transaksi.

2. Ada bunga dan biaya administrasi tambahan.

Fitur ini gratis karena membebankan biaya bunga dan administrasi kepada penggunanya. Untuk Toko misalnya, suku bunganya sekitar 2,95% dan ada tambahan biaya administrasi saat dicek (biasanya Rp 500-Rp 1500 tergantung transaksi.

Catatan, bunga dan biaya administrasi tambahan biasanya tidak dilakukan oleh pengguna, meskipun jika dikalikan dengan satuan, yang namanya 2 pembayaran bisa dikatakan sangat besar.

3. Pengguna seringkali merasa puas dengan kemudahan yang diberikan, sehingga tidak dapat dimintai pertanggungjawaban atas biaya transaksi.

Pengguna sering mengalami kesulitan dalam membayar tagihan karena tidak bertanggung jawab saat menggunakan opsi pembayaran ini. Tentu saja, pengguna bisa mendapatkan bunga dari akun jika mereka membayar lebih dari tanggal jatuh tempo.

Jika pengguna tidak segera membayar tagihan, suku bunga akan terus naik.

Tips aman menggunakan Paylater

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga keuangan Anda tetap sehat.

1. Gunakan paylater yang resmi beroperasi di Indonesia

Pertama, pastikan Anda menggunakan layanan Aplikasi Terakhir yang legal dan terdaftar di OJK. Jadi sebelum Anda menggunakannya, Anda perlu memastikan bahwa file aplikasi yang ingin Anda gunakan sudah terdaftar di OJK.

2. Selalu perhatikan kebutuhan dan beban penyewa

Ketika Anda melihat pembelian e-commerce Anda atau sebelum Anda setuju untuk membayar dengan sistem pembayaran, Anda dapat mengetahui tentang bunga ini dan penyewa.

Jadi pastikan Anda menguji dua hal ini untuk menggunakan teknologi ini dengan bijak.

3. Kenali bahwa paylater adalah produk kredit

Meski bisa digunakan untuk transaksi tanpa uang muka, bukan berarti Anda tidak akan dikenakan biaya.

Dengan menggunakan pembayaran, pengguna setuju untuk menggunakan pinjaman untuk melakukan transaksi.

4. Hindari pasar gila saat ada promosi

Marketplace atau aplikasi sering menggunakan metode promosi untuk membuat pengguna menggunakan fitur pembayaran di luar sana. Cobalah untuk tidak menjadi gila dengan menggunakan fitur ini untuk melindungi kesehatan finansial Anda.

Cari tahu berapa banyak uang yang Anda mampu untuk membayar sebelum menggunakan fitur ini.

Butuh layanan pinjaman untuk segala kebutuhan?

Paylater menawarkan pinjaman dalam bentuk pembayaran dan pinjaman ini tidak dapat dikembalikan. Bagaimana jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk uang tunai untuk semua kebutuhan Anda?

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *