Cara Mendapatkan Kip Kuliah Gratis ditahun 2022

  • administrator
  • Nov 19, 2021
Cara Mendapatkan Kip Kuliah Gratis ditahun 2022

Hingga Juni 2021, hanya sekitar 38% lulusan SMA yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, menurut Bambang Soesatyo, Ketua Majelis Permusyawaratan Masyarakat (MPR). Persentase yang kecil dikondisikan oleh mahalnya biaya pendidikan. Atau masih banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk bisa masuk kuliah hari ini. Ya, selain menggunakan pinjaman mahasiswa, pemerintah juga telah membantu calon mahasiswa belajar secara gratis melalui Program Indonesia Pintar (PIP). Ini saja yang perlu sobat cerdas ketahui tentang Perguruan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Kuliah KIP atau singkatan Kartu Indonesia Pintar merupakan salah satu hasil dari Program Indonesia Pintar (PIP). Program ini merupakan perwujudan dari Undang-Undang Pemerintah Nomor 39 Tahun 1999 tentang Pasal 60 Hak Asasi Manusia, yang mengatur bahwa setiap orang berhak memperoleh pendidikan dan pelatihan yang memadai untuk mengembangkan potensinya sesuai dengan minat, bakat, dan kecerdasannya. Melalui kuliah KIP, Pemerintah Indonesia memberikan pembebasan biaya kuliah kepada calon mahasiswa agar mereka dapat menerima pendidikan tinggi yang relevan, yaitu Anda akan belajar secara gratis. Pemerintah juga menyediakan hingga 1,4 juta rubel sebulan untuk biaya hidup, lho. Mari kita pelajari lebih lanjut tentang kuliah KIP ini.

Apa itu KIP perguruan tinggi:?

Gambar 2 indonesiapintar.kemdikbud.go.id:

Sebelum secara agresif memenuhi semua persyaratan KIP perguruan tinggi, Anda perlu mengetahui siapa yang memenuhi syarat untuk mendapatkan KIP perguruan tinggi. KIP College memberikan bantuan keuangan dari pemerintah untuk pendidikan. Berdasarkan informasi yang dikutip dari Pedoman Registrasi Perkuliahan KIP Puslapdik Kemendiknas tahun 2021, tujuan dari program ini adalah untuk membebaskan biaya masuk perguruan tinggi, membebaskan biaya kuliah, dan menerima biaya hidup bulanan. Dosen KIP harus berasal dari keluarga rentan yang miskin tetapi memiliki potensi akademik yang baik. Adapun keluarga miskin, keluarga tidak aman.

  • Pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)
  • Peserta Keluarga Harapan (PKH)
  • Yatim piatu
  • Orang cacat
  • Anak-anak dari keluarga yang terkena bencana alam.

Syarat Penerima: KIP perguruan tinggi:

Selain termasuk dalam kelompok rentan keluarga miskin, ada juga persyaratan umum bagi perguruan tinggi untuk mendapatkan KIP. Di bawah ini adalah 3 persyaratan umum untuk dosen KIP.

  • Penerima Kuliah KIP adalah Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat. Siswa yang dapat mendaftar adalah siswa yang akan lulus dalam satu atau dua tahun berjalan
  • Memiliki kendala ekonomi Memiliki potensi akademik yang baik
  • Daftar untuk dipilih melalui salah satu jalur pendidikan tinggi: PTN atau PTS.
  • Kuliah KIP diperuntukkan bagi penyandang disabilitas yang diterima mahasiswa persisten yang berasal dari daerah 3T (Mundur, perbatasan terjauh Indonesia).

Kebijakan KIP Perguruan Tinggi

Kabar baik untuk Anda. Pasalnya, pemerintah menyediakan anggaran sebesar Rp 2,5 triliun untuk biaya kuliah KIP 2021. Tahun lalu anggaran KIP Kuliah sebesar Rp 1,3 triliun, yang berarti peluang menerima kuliah KIP meningkat seiring dengan pertumbuhan anggaran. Alasan kenaikan anggaran ini selain memberikan kesempatan yang lebih besar kepada calon mahasiswa untuk belajar secara gratis, pemerintah juga membuat kategori kurikulum berdasarkan akreditasinya, lho. Berikut adalah informasinya.

  • Kurikulum terakreditasi menerima maksimum Rs 12 juta per semester
  • Program terakreditasi B menerima maksimal Rp 4 juta untuk setiap semester
  • Program pelatihan terakreditasi C menerima maksimal Rp 2,4 juta untuk setiap semester

Kemudian, untuk kebutuhan sehari-hari (biaya hidup), Pemerintah membuat 5 klaster daerah dengan ketentuan terkait Survei Sosial Ekonomi Nasional 2019.

Biaya hidup yang akan diterima siswa masa depan setiap bulan.

  • Klaster 1 : 800 ribu
  • Klaster 2: 950 ribu
  • Klaster 3. Rp 1,1 juta
  • Klaster 4. Rp 1,25 juta
  • Klaster 5. Rp 1,4 juta

Pemberian KIP perkuliahan akan dibedakan berdasarkan kurikulum, ada dua kategori: program reguler program profesional. Untuk program Common Layer 1 (S1) Diploma IV (D4) ditawarkan maksimal delapan semester, sedangkan Diploma III (D3) maksimal enam semester, Diploma II (D2) maksimal empat semester , dan Diploma I (D1) paling lama dua semester.

Apalagi untuk program profesi, pemerintah membaginya menjadi 6 kategori: dokter gigi, dokter, dokter hewan, perawat, apoteker, guru. Profesi medis akan memiliki biaya hidup maksimal empat semester, dan profesi perawat, apoteker-guru akan memiliki maksimal dua semester.

Cara Mendaftar untuk KIP Perguruan Tinggi

Untuk mendaftar Kuliah KIP, ada 5 langkah yang perlu Anda ketahui, berikut langkah-langkahnya:

  1. Daftar online

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mendaftar ke situs web KIP Kuliah di www.kip-gulung.kemdikbud.go.id, atau Anda dapat mengunduh aplikasi KIP Ceramah Mobile Apps di sini. Playstore: atau: Toko aplikasi:.

  1. Siapkan NIK, NISN data NPSN

Setelah mendaftar, Anda akan diminta untuk memasukkan NIK, NISN, NPSN, KIP Perguruan Tinggi yang memenuhi syarat kursus Juga: aktif ya.

  1. Dapatkan nomor registrasi kode akses

Jika proses pendaftaran Anda disetujui, Anda akan menerima: Juga: berisi nomor registrasi kode login Gabung Di situs web resmi Kuliah KIP

  1. Memilih jalan untuk masuk perguruan tinggi

Setelah menerima nomor registrasi Anda sudah dapat: memasuki Masuk ke website resmi KIP Kuliah, setelah itu anda harus menyelesaikan pendaftaran dengan memilih jalur masuk perguruan tinggi yang akan diikuti.Ada beberapa pilihan seperti SNMPTN, SBMPTN, SMPN, UMPN, Mandiri. Jika Anda mendaftar sebelum pembukaan sistem pendaftaran kuliah KIP, Anda juga bisa menjadi yang pertama mendaftar di portal seleksi nasional. Sistem akan melakukan proses sinkronisasi skema tuan rumah tuan rumah.

  1. Pengumuman seleksi

Jika mahasiswa yang mengajukan permohonan kuliah KIP telah dinyatakan diterima di perguruan tinggi, mahasiswa tersebut dapat memeriksa universitas tersebut sebelum menjadi mahasiswa KIP.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *