fbpx
10 Tips Jitu Sukses Menjadi Seorang Youtuber
10 Tips Jitu Sukses Menjadi Seorang Youtuber

10 Tips Jitu Sukses Menjadi Seorang Youtuber

Aplikasi YouTube adalah media sosial yang paling mudah diakses oleh publik. Banyak konten video yang ditampilkan di aplikasi ini. Kamu tahu? Bahwa pembuat konten YouTube dapat menghasilkan uang dari unggahan mereka. Sudah banyak contoh nyata sukses di youtuber, seperti Ria Ricci, musisi jalanan Tri Souaka, Raditya Dika, dan banyak lagi.

Lantas apa saja tips menjadi YouTuber sukses dari nol? Mari kita lihat ikhtisar berikut.

1. Buat akun saluran Youtube

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat saluran YouTube. Tetapi pertama-tama Anda harus memiliki akun gmail. Akun Gmail Anda kemudian akan disinkronkan secara otomatis dengan YouTube. Berikut cara membuat channel youtube.

Buka aplikasi youtube, lalu pilih “Login” (langkah ini untuk kamu yang belum login sebelumnya).
Masuk dengan akun gmail yang dibuat sebelumnya
Pilih menu profil YouTube di sebelah kanan, lalu klik “Setelan”
Dari menu tab “Akun”, lalu pilih menu “Buat Saluran Baru”
Selanjutnya Anda akan diminta untuk membuat nama saluran. Kemudian klik “Buat Saluran”
Untuk menyempurnakan tampilan saluran, Anda dapat mengeditnya dengan mengeklik “Sesuaikan Saluran”. Anda dapat menambahkan foto profil dll.

2. Buat akun AdSense

Untuk mewujudkan impian Anda tentang mesin kasir youtube, Anda perlu membuat akun AdSense. Akun Google AdSense Anda kemudian akan mengiklankan konten video Anda. Buat setidaknya 3 video asli untuk terhubung ke akun Google AdSense ini.

3. Buat konten berkualitas yang menarik

Sebagai seorang YouTuber, Anda bebas membuat konten apa pun, tetapi jika Anda ingin menjadi YouTuber yang sukses, Anda perlu memikirkan konsep konten dengan matang. Buat konten yang memiliki nilai kualitas. Seperti mukbang, kursus make-up atau review game, dll. Buat konten berdasarkan minat Anda: bakat sehingga Anda dapat membuatnya lebih lengkap. Cobalah untuk membuat konten yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Jangan coba-coba membuat konten yang bermakna, apalagi sampai merugikan orang lain, agar izin YouTube tidak dicabut.

4. Mulailah membeli kebutuhan perekaman video

Jika Anda ingin sukses di YouTuber, ponsel Android saja tidak cukup. Paling tidak, Anda harus memiliki perekam video yang mampu menghasilkan video berkualitas tinggi. Namun, jika Anda tidak memiliki modal, Anda perlu menyewa kamera menggunakannya untuk membuat konten yang menarik.

5. Pelajari cara mengedit video

Di dunia ini, tidak ada hasil yang diperoleh secara instan. Mencapai mimpi menjadi seorang YouTuber yang sukses membutuhkan perjuangan yang lebih. Selain modal uang, kamu juga perlu melatih keterampilan mengedit video. Luangkan waktu sejenak untuk mempelajari teknik pengeditan video.

6. Ingat, jangan download video sembarangan

Ada beberapa hal yang perlu diingat saat mengunggah video ke saluran YouTube Anda. Diantara mereka.

Perhatikan judul video.
Gunakan judul yang berfokus pada SEO agar video Anda berada di halaman pertama mesin pencari

Gambar kecil:
Thumbnail ada di depan video. Pastikan untuk membuat cover video yang menarik agar dapat menarik pengunjung untuk membuka video Anda.

Keterangan:
Tambahkan deskripsi singkat namun jelas tentang konten video Anda. Tentu saja, itu memang mengandung kata kunci yang digunakan untuk judul itu

Tambahkan label yang sesuai
Jangan lupa untuk menambahkan tag yang sesuai. Tag ini adalah kategori video.

10. Menahan diri kata menyerah

Apa yang seharusnya menjadi milik YouTuber, jangan pernah menyerah. Jangan puas dengan hasil video Anda, selalu tingkatkan terus buat kualitas konten video yang menarik.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda coba untuk menjadi YouTuber yang sukses. Semoga beruntung!