...

15 Cara Lolos Interview Kerja di Tempat yang Diingikan

  • administrator
  • Oct 30, 2021
15 Cara Lolos Interview Kerja di Tempat yang Diingikan

Bahkan jika seseorang telah melakukannya berkali-kali, proses wawancara kerja masih dapat menakuti semua orang. Banyak orang takut gagal dan kurang persiapan.

Agar Anda tidak merasa seperti itu saat akan mendapatkan wawancara kerja, ikuti 15 tips mendapatkan wawancara kerja di bawah ini.

1. Lakukan riset yang cukup sebelum wawancara

Yang perlu Anda ketahui saat wawancara adalah profil perusahaan. Anda bisa mengetahui visi perusahaan, misi produk yang Anda lamar.

Cara terbaik untuk mendapatkan informasi ini adalah dengan melihat perusahaan situs web profil perusahaan.

2. Pelajari tentang posisi yang Anda lamar

Pewawancara yang mewawancarai Anda akan ingin mengetahui motivasi Anda saat melamar ke perusahaan mereka. Mereka juga akan memastikan bahwa latar belakang dan pengalaman Anda memenuhi kebutuhan mereka.

Oleh karena itu, Anda dapat mempelajari posisi yang Anda lamar untuk menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang tepat.

3. Siapkan jawaban sebelum memulai wawancara

Ada beberapa pertanyaan yang biasa ditanyakan saat wawancara, seperti latar belakang Anda, kelebihan/kelemahan Anda.

Anda dapat menyiapkan jawaban atas pertanyaan yang dapat diprediksi sehingga Anda tidak ragu untuk menjawabnya.

4. Belajar menjawab pertanyaan

Keterangan Setelah mempersiapkan jawaban yang dapat diberikan saat wawancara, Anda dapat berlatih dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Tujuannya untuk meningkatkan rasa percaya diri saat menjawab agar tidak berpikir terlalu lama saat wawancara.

5. Datang tepat waktu

Pernahkah Anda mendengar bahwa “kesan pertama adalah segalanya”. Hal ini juga berlaku untuk ketenagakerjaan. Salah satu kesan terbaik yang bisa Anda dapatkan adalah datang tepat waktu atau sebelum jadwal wawancara dimulai.

Anda juga bisa lebih siap untuk tidak gugup nanti dalam wawancara.

6. Berpenampilan rapi sopan

Masih berhubungan dengan “kesan pertama”, salah satu hal yang perlu Anda lakukan untuk membuat kesan pertama yang menarik adalah berpenampilan rapi dan sopan.

Pastikan dress code yang Anda gunakan pas, terutama saat mengenakan pakaian formal atau kasual.

7. Komunikatif percaya diri

Jika Anda dapat menggambarkan pengalaman dan keterampilan Anda dengan baik dan percaya diri, perekrut akan percaya bahwa Anda cocok untuk posisi yang Anda lamar.

Namun, saat menjawab, pastikan Anda ramah, jangan terlihat sombong atau terlalu sombong.

8. Jawab pertanyaan dengan efektif

Menjawab pertanyaan dengan jeda atau bingkai yang panjang dapat menghilangkan fokus dan fokus jawaban Anda. Ini harus dihindari agar tidak mengurangi poin Anda.

Pahami pertanyaan sebelumnya Jelaskan jawaban Anda secara efektif. Anda dapat menggunakan metode STAR untuk menjawab pertanyaan secara efektif.

9. Ceritakan tentang pengalaman Anda dengan posisi yang Anda lamar

Ketika Anda memiliki pengalaman yang memenuhi kriteria untuk posisi yang Anda lamar, perekrut akan memberikan nilai tambah karena mereka yakin Anda bisa melakukannya dengan baik di masa depan.

Jangan lupa untuk menyebutkan prestasi yang telah Anda buat dalam pengalaman Anda untuk membuatnya lebih meyakinkan.

10. Tunjukkan bahwa kamu bisa bekerja dalam tim

Bekerja di perusahaan berarti Anda akan bekerja dengan orang lain dalam tim. Untuk bekerja dengan baik, Anda harus kooperatif mampu bekerja dalam tim di bawah tekanan.

Anda akan mendapatkan poin tambahan jika Anda dapat menunjukkan bahwa Anda adalah pemain tim.

11. Jangan menyebarkan rasa malu

Ketika Anda berbagi pengalaman kerja Anda, Anda dapat menceritakan tentang hal-hal yang telah Anda capai di perusahaan tempat Anda dulu bekerja. Namun, Anda hanya perlu menjelaskan garis besarnya.

Pastikan Anda tidak berbagi terlalu banyak jangan menceritakan hal-hal yang memalukan atau tidak perlu tentang perusahaan sebelumnya kepada kolektor.

12. Antisipasi masalah jebakan

Selama wawancara, pewawancara dapat menanyakan segalanya, bahkan pertanyaan sulit sekalipun. Tujuannya adalah untuk melihat kemampuan Anda dalam menanggapi konflik yang mungkin muncul sewaktu-waktu.

Nah, pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa Anda antisipasi dengan belajar tenang, menggali pertanyaan-pertanyaan apa saja yang mungkin ada di CV Anda atau jawaban yang sudah Anda siapkan.

13. Aktif menjawab bertanya

Kesalahan yang dapat dengan mudah membuat klaim Anda ditolak adalah gagal. Pada dasarnya, dua hal ini akan menentukan apakah Anda benar-benar tertarik untuk bekerja di perusahaan yang Anda lamar.

Gunakan waktu wawancara untuk menanyakan lebih lanjut tentang perusahaan atau posisi yang Anda lamar. Dengan begitu, pewawancara akan melihat antusiasme dan peluang Anda.

14. Hindari dominasi dalam sesi wawancara

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan dalam wawancara adalah secara tidak sadar mendominasi wawancara.

Meskipun Anda bebas menjawab pertanyaan atau menjawab pertanyaan selama percakapan, jangan biarkan diri Anda menjadi pewawancara. Jawab saja ajukan pertanyaan dengan benar jangan berlebihan.

15. Berdoa: Jangan Menyerah

Setelah berjuang berusaha yang terbaik, hal terakhir yang perlu kamu lakukan untuk mendapatkan wawancara kerja adalah berdoa terus berusaha untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu impikan.

Pencarian kerja: proses wawancara kerja tidak selalu mudah lancar, namun Anda tidak harus cepat menyerah untuk mendapatkan karir impian Anda.

Semoga 15 tips wawancara kerja di atas dapat membantu Anda mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan. Cemungut!

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *