...

Bagaimana Anda dapat melindungi iPhone Anda dari Malware dan Spyware

  • administrator
  • Oct 19, 2021
Bagaimana Anda dapat melindungi iPhone Anda dari Malware dan Spyware

Di dunia sekarang ini, ketika teknologi telah mengambil alih, peretasan dan spyware keselamatan dan keamanan berteknologi tinggi juga telah menemukan tempatnya. Sayangnya, ada berbagai sumber di mana mata-mata atau peretas dapat masuk ke iPhone Anda tanpa Anda sadari. Ada berbagai alasan untuk ini. Namun, salah satu yang paling berbahaya adalah ia memperoleh semua informasi pribadi Anda dan dapat mengeluarkan perintah yang berpotensi berbahaya. Namun demikian, Anda selalu dapat melindungi iPhone Anda melalui berbagai cara seperti VeePN, netguard AdBlock melalui netguard VPN, dll.

Apa yang dimaksud dengan malware dan spyware?

Banyak orang mengacaukan kedua istilah tersebut dan mungkin menggunakannya sebagai alternatif; Namun, ada garis tipis di antara mereka. Misalnya, malware adalah kode, atau file yang dibuat khusus untuk menghancurkan jaringan atau file pribadi pengguna. Di sisi lain, spyware berada di bawah malware yang dirancang untuk mendapatkan data pengguna dari ponsel atau komputer mereka.

Bagaimana Malware dan Spyware Dapat Menginfeksi iPhone?

Jarang iPhone terinfeksi oleh virus karena Apple memastikan untuk memblokir aplikasi pihak ketiga ke perangkatnya. Kedua, karena pengguna apel mengunduh aplikasi langsung dari toko apel, tidak seperti android atau windows, ini memastikan untuk menjalankan semua antivirus sebelum mengunduh ke iPhone Anda. Oleh karena itu, peluangnya kecil tetapi bukan tidak mungkin! Pengguna yang mungkin telah melakukan jailbreak pada iPhone mereka berisiko jauh lebih tinggi terkena malware di perangkat mereka karena mereka dapat menginstal aplikasi dari berbagai toko aplikasi berbeda di luar Apple Store. Aplikasi yang diperoleh dari pasar aplikasi yang tidak berlisensi tidak selalu diverifikasi keamanannya dan sering kali dimuat dengan jahat.

Bagaimana cara mendeteksi virus di iPhone?

Ada beberapa tanda yang mungkin menunjukkan bahwa iPhone Anda terkena virus:

  1. Ini bisa menjadi gejala serangan virus jika Anda menemukan aplikasi yang tidak biasa muncul di layar mulai dan jika aplikasi Anda terus mogok.
  2. Periksa penggunaan data Anda dengan masuk ke pengaturan. Ini bisa menjadi malware di iPhone Anda jika tampaknya jauh lebih tinggi dari yang diperkirakan atau tidak cocok dengan penggunaan data Anda yang sebenarnya.
  3. Setiap bulan, perhatikan pembayaran bulanan Anda.

Selain itu, jika Anda melihat iklan pop-up saat tidak menggunakan browser, ini bisa menjadi tanda malware. Terakhir, malware mungkin mengirim SMS layanan premium, membuat langganan bulanan Anda meningkat. Pada akhirnya, Anda selalu dapat memindai iPhone Anda dari malware atau virus.

Cara untuk melindungi iPhone dari Malware dan Spyware

  1. Pembaruan iOS telah membuat beberapa widget layar beranda dapat diakses tanpa mengetik kata sandi Anda. Meskipun mudah dan nyaman, ini juga dapat membahayakan privasi Anda. Spyware atau malware dapat dengan mudah masuk ke dalamnya jika terjadi pencurian atau iPhone Anda jatuh ke tangan yang salah.
  2. Keamanan termudah dan dasar yang perlu Anda lakukan adalah mengatur kode sandi. Kata sandi harus berisi angka dan huruf dan harus lebih dari enam karakter.
  3. Namun, seorang profesional dapat dengan mudah memecahkan kode sandi Anda. Karenanya Anda perlu mengatur otentikasi dua faktor sehingga memerlukan izin Anda untuk mengakses aplikasi tertentu. Dengan cara ini, Anda tetap dapat melindungi data Anda meskipun seseorang menggunakan iPhone Anda.
  4. Yang terbaik adalah jika Anda mematikan pelacakan lokasi Anda. Mencari tahu di mana Anda telah melalui berbagai aplikasi oleh orang lain dapat dijual ke entitas lain. Selain itu, keberadaan Anda adalah sesuatu yang pribadi yang tidak perlu ditemukan oleh siapa pun.
  5. Aktifkan opsi ‘temukan ponsel saya sehingga meskipun ponsel Anda hilang atau dicuri, Anda masih dapat melacaknya sebelum kebocoran informasi sensitif.
  6. Lebih baik mencadangkan gambar atau video Anda di komputer daripada opsi pencadangan iOS. Sangat mudah bagi peretas untuk meretas ID apel Anda dan memata-matai data Anda. Tetapi Anda selalu dapat memiliki cadangan di komputer Anda bahkan jika iPhone Anda hilang atau dicuri.
  7. Perangkat lunak yang berbeda tersedia untuk pemblokiran iklan dan malware. Menginstalnya di iPhone Anda akan mencegah potensi virus. Misalnya, Netguard VPN menyediakan AdBlock. Berkat fitur ini, Anda tidak hanya dapat menyingkirkan iklan dan spanduk yang mengganggu, tetapi juga menghilangkan potensi ancaman.
  8. Ada beberapa VPN yang tersedia; namun, kebanyakan dari mereka tidak dapat diandalkan dan dapat mentransfer data Anda ke entitas pihak ketiga, yang merupakan hal terakhir yang Anda inginkan. Sedangkan menggunakan VPN otentik akan memastikan enkripsi yang aman dari lalu lintas Anda dan akan memberikan keamanan pada data Anda.

Bagaimana penghapusan virus Apple dilakukan?

Bahkan setelah mengambil tindakan pencegahan ekstra, perangkat Anda masih bisa terkena malware atau spyware. Untuk itu, Anda harus menghapusnya.

  1. Hapus semua aplikasi yang baru bagi Anda, tampak berbahaya, atau yang tidak Anda instal. Atau, jika Anda menemukan bahwa kesulitan ponsel Anda dimulai setelah Anda mengunduh aplikasi tertentu, hapus instalannya.
  2. Mulai ulang iPhone Anda setelah mematikannya. Ini mungkin tampak mudah, tetapi dapat membantu dalam penyelesaian masalah.
  3. Pulihkan perangkat Anda ke cadangan sebelumnya jika mem-boot ulang perangkat tidak berfungsi. Lanjutkan bereksperimen dengan cadangan alternatif hingga masalah teratasi.
  4. Hapus riwayat dan data Anda. Buat cadangan sebelum melakukannya, agar file penting Anda tidak hilang.
  5. Terkadang, memperbarui iPhone Anda juga dapat menyelesaikan masalah.
  6. Jika Anda masih melihat masalah di iPhone Anda, jalankan antivirus atau hubungi situs resmi Apple.

Kesimpulan

Orang-orang menyimpan iPhone karena berbagai alasan. Namun, salah satu yang paling penting adalah masalah privasi. Apple memprioritaskan perlindungan informasi pribadi konsumennya. Namun, masih ada beberapa metode agar iPhone Anda terinfeksi malware atau spyware, jadi lakukan tindakan pencegahan dan prosedur yang diuraikan di atas untuk mengamankan data Anda. Ikuti panduan ini untuk membuat data Anda lebih aman.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *